Jumlah penayangan

Jumat, 05 Agustus 2011

JURNAL KHUSUS


Pengirim Bagus Wiguna, kelas XII Akuntansi SMK N 1 Negara, e-mail:  bagus_wiguna4@yahoo.com

Transaksi Utama Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang berfungsi menjembatani antara produsen dengan konsumen, maka aktivitas perusahaan dagang yang memiliki frekwensi terjadi paling tinggi adalah aktivitas :

  1. Transaksi Pembelian
  2. Transaksi Pengeluaran Kas (Pembayaran)
  3. Transaksi Penjualan
  4. Transaksi Penerimaan Kas

Jurnal  Khusus

Buku jurnal yang digunakan hanya untuk mencatat satu jenis transaksi saja disebut dengan Jurnal Khusus atau Buku Harian Khusus.

Karena perusahaan dagang memiliki empat transaksi yang paling tinggi frekuensinya, maka jurnal khusus di dalam perusahaan dagang dapat dibagi menjadi empat jurnal khusus.


Jurnal  Khusus

  1. Jurnal Khusus Pembelian
  2. Jurnal Khusus Penerimaan Kas
  3. Jurnal Khusus Penjualan
  4. Jurnal Khusus Pengeluaran Kas

Jurnal Khusus Penjualan

Jurnal Khusus Penjualan adalah buku jurnal untuk mencatat transaksi penjualan produk perusahaan secara kredit. Penjualan produk perusahaan secara tunai tidak dicatat di buku harian ini.

Contoh format jurnal Khusus Penjualan


Jurnal Khusus Penerimaan Kas

Jurnal Khusus Penerimaan Kas yaitu buku jurnal yang digunakan untuk mencatat aktivitas penerimaan kas dari berbagai sumber penerimaan perusahaan.

Contoh format  jurnal khusus Penerimaan Kas


Jurnal Khusus Pembelian

Jurnal Khusus Pembelian adalah buku jurnal yang digunakan untuk mencatat transaksi pembelian barang dagangan secara kredit.

Contoh format jurnal khusus Pembelian


Jurnal Khusus Pengeluaran Kas

Jurnal Khusus Pengeluaran Kas  adalah buku jurnal yang digunakan khusus untuk mencatat transaksi pengeluaran kas untuk berbagai keperluan. 

Transaksi pengeluaran kas : membayar hutang, pembelian barang dagangan secara tunai, membayar berbagai macam beban operasi  maupun untuk berbagai keperluan yang ada.

Contoh format jurnal Pengeluaran Kas



Jurnal Umum

Jurnal Umum yaitu buku jurnal yang digunakan untuk mencatat berbagai macam transaksi perusahaan dagang yang tidak dapat ditampung di keempat buku jurnal khusus.

Contoh format jurnal Umum

Tidak ada komentar:

Pengikut

Entri Populer