Jumlah penayangan

Sabtu, 23 Juli 2011

Laporan Arus Kas (Metode Tidak Langsung)

Laporan arus kas dapat bersumber dari neraca perbandingan dua periode akuntansi. Pendekatan ini disebut dengan metode tidak langsung. Sumber data adalah neraca pada tahun yang lalu dan neraca tahun yang berikutnya, apakah suatu akun (harta, hutang dan modal) terjadi kenaikan atau penurunan.

Membandingan saldo-saldo setiap akun antara kedua neraca itu bisa berupa:
  • Tidak ada perbedaan (saldonya tetap) berarti tidak terjadi arus arus kas.
  • Apabila pada periode yang belakangan terdapat saldo laba menyebabkan arus kas bertambah, dan jika terdaat saldo rugi menyebabkan arus kas berkurang.
  • Apabila harta selain kas terjadi kenaikan maka menyebabkan arus kas berkurang, namun kalau terjadi penurunan berakibat kebalikannya (arus kas bertambah)
  • Apabila hutang dan modal terjadi kenaikan menyebabkan arus kas bertambah, dan jika terjadi penurunan menyebabkan arus kas berkurang.
Untuk memudahkan pemahaman, kami sajikan neraca perbandingan  tahun 20X2 dengan tahun 20X1 seperti data di bawah ini.


Arus kas dapat berupa:
  • Arus kas dari kegiatan operasi bertambah apabila adanya (a) saldo laba, (b) penurunan nilai harta lancar, dan (c) kenaikan utang jangka pendek. Sedangkan arus kas dari kegiatan operasi berkurang disebabkan (a) saldo rugi, (b) kenaikan harta lancar dan (c) penurunan utang jangka pendek.
  • Arus kas dari kegiatan investasi bertambah karena adanya penurunan nilai harta tetap dan  arus kas berkurang karena kenaikan harta tetap.
  • Arus kas dari kegiatan pendanaan bertambah apabila terjadi kenaikan (a) hutang jangka panjang dan (b)  modal. Arus kas dari kegiatan pendanaan berkurang disebabkan berkurangnya (a) utang jangka panjang dan (b) modal.


Selanjutnya susun laporan arus kas berdasarkan arus kas dari kegiatan operasi, investasi dan pendanaan, seperti nampak berikut ini.

1 komentar:

Rokhland Rizal mengatakan...

izin sedot ke blog ku ya

Pengikut

Entri Populer